Sabtu, 22 Januari 2011

Keizo Negi... RUARRR BIAZA!!!

Negi begitu biasanya Ia dipanggil, lelaki berperawakan cukup tinggi bagi ukuran orang jepang. Saya baru mengenal dia sebagai si empunya proyek statistik persampahan di Indonesia yang bekerjasama dengan KLH dan ITB. Sebelumnya saya hanya sering mendengar namanya saja di Lab B3, kesan yang saya tangkap dari mereka yang sering membicarakannya Ia adalah orang yang ”menyeramkan”. Baru satu pekan ini saya mengenalnya, namun selama satu pekan itu pula saya menderita karenanya...membuat saya dan teman-teman mengalami pengalaman pertama bergadang di kampus, dan beberapa hari bekerja hingga larut malam...saaangat melelahkan! Mengerjakan begitu banyak hitungan dalam belasan worksheet, terkadang menyebabkan ketelitian kami berkurang. Namun tentu tidak dengan Negi, dia sangat teliti sehingga berkali-kali kami terkaget-kaget, karena kesalahan kecil pun dapat ditemukannya. Sangat perfectionist dalam bekerja, sampai-sampai dosen saya, yang terbiasa bekerja dengan orang jepang pun ikut-ikutan stress dibuatnya.

Namun dibalik itu semua, saya bersyukur, saya dapat belajar mengenai profesionalitas, ketelitian dan kedisiplinan yang luar biasa darinya. Bahkan, sekilas saya dapat melihat karakter ”kesungguhan dan ketekunan” dari bahasa tubuhya, gaya duduknya, cara berjalannya serta bahasa tubuhnya ketika menulis..Subhanallah! Ternyata benar apa yang selama ini saya ketahui (orang jepang yang terkenal dengan ketekunan dan kerja kerasnya, serta pekerja yang menduduki peringkat pertama untuk banyaknya jumlah jam kerja).

Selain gaya bekerjanya yang super teliti dan super disiplin, cara dia berinteraksi dengan orang lain pun sangat sopan. Caranya ”memberikan titah” tidak arogan dan memaksa. Jika telah memberikan pekerjaan atau tugas yang memang cukup berat untuk dilakukan Ia selalu berkata ”terima kasih banyak....Sorry If I....” bahkan Ia pernah meminta maaf kepada kami ”I’m sorry if we work like a high school student”(sebenarnya kalo saya sih jadi berpikir, memangnya seperti apa kesibukan siswa SMU di Jepang??....hmmm tampak mengerikan!). Selain sopan santunnya, Ia selalu mengingat orang yang baru Ia kenal, bahkan menuliskannya dalam buku. Setiap orang yang diberi kartu nama olehnya, selalu Ia catat dalam bukunya...hmmm...sampai segitunya ya?!....Ruarrr Biaza Mr Negi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar