Sabtu, 23 April 2011

Ondenesia?! :)

Suatu hari saya terlibat obrolan dengan salah seorang anak tetangga yang berusia 4-5 tahunan… Ia terus berceloteh,

Ammah, kalo nanti kakak ke Ondenesia…bla..bla..bla…”

Seperti biasanyak, saya tanggapi setiap celotehannya

Ammah, di Ondenesia itu ada…. Bla..bla..bla…”

Setelah kesekian kalinya anak itu berkata “Ondenesia” saya pun baru ngeh jika anak ini salah mengucap kata Indonesia, tanah airnya sendiri…he…he…

Lalu saya coba mengoreksi kata-katanya (dalam hati saya bergumam, ini anak Indonesia, kok salah mengucap nama tanah airnya sendiri,,,ckckck, wah tidak bisa dibiarkan :p)

“kakak, bukan Ondensia, tapi Indonesia”

Dia lalu tersenyum…

Tapi tetap saja kalo bicara dia keceletot lagi, Ondenesia lagi deh dibilangnya…

Terang saja anak tersebut mengucap Ondenesia, karena dia bersekolah di Daycare-nya Daar Adz Dikr (semacam sekolah atau kursus bahasa arab untuk perempuan non arab). Disana bahasa yang digunakan bahasa Arab.. dan dalam bahasa Arab kata Indonesia jadi Andunisia…

Ketika kita belajar bahasa arab, mengucap kata Indonesia biasanya disalahkan, yang benar Andunesiy (untuk kebangsaan) dan Andunisia (untuk Negara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar